Cara Beriklan di Internet



Ada dua metode cara beriklan di internet yang lazim ditawarkan oleh pihak Advertising Media Online. Yang pertama yaitu CPP (Cost Per Click) yaitu anda (pihak pengiklan) dikenakan biaya untuk setiap klik pada iklan anda. Kedua yaitu CPM (Cost Per Milion) anda dikenakan biaya untuk per seribu tampilan iklan. Cara beriklan di internet seperti ini biasa ditemukan pada Google Adwords dan Facebook.

Selain cara diatas ada satu cara beriklan di internet yang sangat efektif terutama jika anda akan melakukan launching new product ke pasar. Adalah CPP (Cost Per Review) yaitu anda dikenakan biaya review produk anda yang dilakukan oleh blogger.

Sebagai contoh; anda ingin mengadakan promo produk kecap dengan brand kecap "Maknyuss", maka blogger akan me-review produk anda tersebut sesuai dengan positioning dan market yang anda tuju.

Misal anda menginginkan image "kecap bergizi", "kecap no.1", "kecapnya orang berdasi". Dan yang dilakukan oleh blogger adalah memperkuat image tersebut secara online dengan cara SEO (Search Engine Optimization). Yaitu bloger berusaha untuk memposisikan image atau keyword tersebut di halaman pertama mesin pencari (ex: Google.co.id).

Kenapa cara beriklan di internet dengan CPP lebih efektif di banding CPC dan CPM ? Iklan dengan menggunakan CPP lebih tepat untuk marketing, brand positioning, branding image atau lebih ke arah testimonial dan press release. Berbeda sifatnya dengan CPC dan CPM yang mempunyai kecenderungan ke penjualan dan target.

Dengan bertambahnya pengguna internet di Indonesia, membuat pola analisa konsumen terhadap suatu produk menjadi berubah. Konsumen yang tertarik kepada sebuah iklan di tv dan tidak sempat melihat dengan jelas (dikarenakan durasi iklan yang cepat dan tidak tahu kapan akan diulang) akan mencoba mencari apa yang dia lihat tersebut di internet.

Sebagai contoh; konsumen hanya mampu mengingat 3 kata dari iklan tv, yaitu telkomsel, google maps. Dan kata "telkomsel google maps" inilah yang akan mereka ketikkan pada mesin pencari. Dan biasanya akan menuju ke situs utama (official site) dan berikutnya blog-blog yang mereview produk tersebut, dan ini akan menambah pengetahuan bagi konsumen terhadap produk itu sebelum memutuskan untuk membeli.

Salah satu media online yang memungkinkan anda untuk beriklan di internet dengan cara CPP adalah Idblognetwork.

Idblognetwork adalah startup yang didirikan pada bulan agustus 2010 dan meluncurkan marketing campaign perdana pada awal bulan september, sampai saat ini desember 2010 telah dan sedang melayani marketing campaign brand seperti Telkom Flexi, Simpati Telkomsel, XL Blackberry Free Roaming, Kartu AS Telkomsel , iPhone 4 Telkomsel , Google Maps Telkomsel , Nokia OviLife Tools, Nokia N8 dan E5 dan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (KemenBudPar) RI

Beberapa poin penting yang bisa digarisbawahi adalah:

  • Idblognetwork didirikan oleh mereka yang berpengalaman dalam industri online media digital dan Teknologi Informasi

  • Idblognetwork adalah media beriklan dengan cara melibatkan blogger-blogger indonesia untuk membantu penyebaran/ spread marketing campaign dengan cara pemasangan banner dan penulisan review/ testimonial.

  • Blogger adalah agen SOI (Sphere of Influencer), dalam ranah online, posisi blogger untuk menyebarluaskan berita/informasi/persepsi/insight tidak beda dampak / pengaruhnya dibandingkan dengan media mainstream.

Jika anda mempunyai produk yang akan di launching, promo, refresh market dan segala kegiatan marketing, maka cara beriklan di internet menggunakan CPP adalah tepat.
SHARE

About kinjeng net

    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 comments:

  1. [...] 1 agustus 2010, konsep idblogNetwork.com adalah menfasilitasi Advertiser/brand untuk melakukan kampanye marketing melalui jaringan blogger Indonesia. Kami menghubungkan para blogger dengan advertiser/brand melalui satu platform dan dapat diakses [...]

    BalasHapus
  2. semangat selalu kawan and salam kenal

    BalasHapus
  3. saya menawarkan barang

    BalasHapus